Segala puji bagi Alloh yang Maha Penolong mahluq dengan ilmu dan taqwa
Hingga hatinya menuju kepadanya Tanpa dapat memuat kebesarannya
Kalimat tauhid dimasukkan hatinya Lalu hati bergembira sepenuhnya
Sholawat salam tercurah pada Nabi Yang berpredikat Afshohil kholaiqi
Muhammad, Keluarga dan sahabatnya Mereka mengkaji al-Qur’an kitabya
Setelah itu kini perhatikanlah ! Ringkasan ulama’ ahli kalamiyah
Walau sulit ringkasan ini terbukti Menjaga lisan arab ya..dari ahli
Supaya dapat memahami artinya Al-Qur’an dan sunnah deangan sesungguhnya
Ilmu nahwu lebih utama dikaji Tanpanya, Qur’an – sunnah tak dipahami
Kitab ini kecil namun yang terbaik Goresan yang lembut, terkenal dan unik
Ibnu A-Jurumi pengarang dasarnya Terkenal di Arab dan manca Negara
Ulama, besar mengambil manfaatnya Rahasia ilmu ada di dalamnya
Bagi pemula, Rangkaian kitab ini Tampak indah sesuai dengan yang asli
Mengurangi kata kadang kulakukan Serta menambah faidah kulakukan
Karena menyempuranakan macamnya bab Maka terbit seperti syarahnya kitab
Mengarang kitab ini terdorong teman Mereka paham karena keyakinan
Pemuda tergantung tekadnya yang kuat Tanpa tekad jelas tak dapat manfaat
Ya…..Mannan, ku mohon kepada Mu Jauh riya, lipatkanlah pahalaku
Semoga mendapat manfaat ilmunya Orang yang sungguh menghafal memahamnya.
باب الكلام
Isim, Fi’il serta huruf; bagiannya Ketiganya terkenal kalim namanya
Qaul adalah lafadl mufid yang mutlaq Seperti : ان زيدا نانطلق , قد , قم
Tanda-tanda isim : Tanwin dan huruf jer Kemudian Alif-lam dan mutlaqnya jer
سين , قدDan تأ تأنيث mati tanda fi’il Dalam menandai bersikaplah adil
Fi’il dengan ta’ فعلت ditandai Kemudian nun افعلن ya افعلى
Huruh adalah kalimat tanpa tanda Dalam kalimat isim dan fi’il juga
باب الاعراب
I’rob Ahli nahwu : Perubahan pada Akhir kalimat sebab amil berbedaDalam perkiraan ataupun lafadlnya Rafa’, Nashob, Jer dan Jazem bagiannya
Selain jazem I’rob isim semua Dan selain jer I’rob fi’il semua
Isim dapat dihukumi mu’rob bila Dengan huruf delatnya tidak serupa
Fi’il ( lain mudhore’ ) mabni hukumnya Serta mudhore’ ( يفعلن , يفعلن )
باب علامات الرفع
Tanda-tanda I’rob rofa’ ada empat Dhommah, wawu, alif, serta nun yang tetapDhommah bertempat pada isim yang mufrod Dan jamak taksir sepaerti yang dimurod.
Dan jamak ta’nis, contoh :مسلمات Serta fi’il mudhore’ contoh : يسكت
Jama’ mudzakar salaim, Wawu rofa’nya Seperti جاء الصالحون contohnya
Juga bertempat pada Asma’ul khomsah
ذو , فو , حم , اخ , اب Jangan salah
Semua berlaku hanya dengan dasar Syarat; Mudhof, mufrod dan juga mukabbarIsim tasniyah, Rofa’nya dengan alif Tanda nun di fi’il mudhore’ tang ta’rif
Ya’ni lafadl يفعلان , تفعلان Serta lafadl يفعلون تفعلون
Dan lafadlتفعلين yang sangat mudah Terkenal dengan nama Af’alul khomsah.
باب علامات النصب
Tanda I’rob nashob lima tanpa kurang Fathah, alif, kasroh, ya’, nun yang terbuangYang rofa’nya dhommah, Nashob dengan fathah Kecualiهندات dicegah fathah
Asma’ul khmsah dengan Alif nashobnya Jama’ muannas salim, Kasroh nashobnya.
Huruf ya’ tanda nashob isim tastniyah Dan jamk mudzakar salim tanpa salah
Af’alul khomsah, Nashobnya ditandai Dengan membuang nun rofa’ yang terjadi
باب علامات الخفض
Tanda I’rob jer( Tiga ) yang diterangkan Yaitu kasroh, Ya,, Fathah ditentukanSemua isim yang rafa’nya didhommah Selam munshorif maka jernya kasroh
Semua isim, Nashob ya’ : jernya juga # Serta asma’ul khomsah dengan syaratnya.
Isim Ghoiru munshorif difathah jernya # Ya’ni isim bersifat fi’il jelasnya
Dengan adanya isim yang beralasan # Baik satu maupun dua alas an
Satu alas an : alif ta’nist yang ada # Sighot muntahal jumu’ yang juga sama
Dua lasan sifat bersama adil # Tambahan ( alif-nun ) atau wazan fi’il
Tiga hal bersama sifat juga alam # Ditambah tarkib majzi dan asma’ ajam
Dan Ju8ga ta’nist. Jika ba’da Al-Ta’rif # Dan jika dimudhofkan maka munshorif
باب علامات الجزم
Tanda I’rob jazem dua, ( satu : sukun ) # ( Dua : membuang huruf illat atau nun Membuang huruf nun rofa’ dengan pasti # Pada Af’alul khomsah, jazem terjadi.
Mudhore’ shoheh. Sukun tanda jazemnya # Tanpa huruf illat pada akhirannya
Nashobya mu’tal wawu, Ya’ : dijelaskan # Selain saat nshob diperkirakan
Contohيخشى , يهتدى , يغزو akhirnya # Huruf illat. ( Mudhore’ shoheh lainnya )
Huruf illat ya’ dan alif bagi isim # Sepertiقاض danفتى contoh isim
I’robnya قاض danفتى diperkirakan # Tetapiقاض nashobnya dijelaskan
Perkiraan tiga I’rob pun terjadi # Pada mim sebelum ya’ lafadl غلامى
Wawunya lafadlمسلمي disimpan # Nunnya lafadlلتبلون diperkirakan
فصل
Semua isim yang mu’rob ditandai # Dengan harokat atau huruf yang pastiEmpat bagi awalnya dua bagian # Ditandai dhommah saat dirofa’kan.
Setiap isi yang rafa’nya didhommah # Maka saat nashobnya harus difathah
Isim tesebut dengan kasroh, dijerkan # Fi’il shoheh dengan sukun dijazemkan.
Namun contoh dicegah nashobnya kasroh # Dan isim ghoiru munshorif jernya fathah.
Setiap fi’il mu’tal tewntui jazemnya # Dengan membuang huruf illattandanya
Mu’rob dengan huruf ( empat bagiannya ) # Tastniyah dan jama’ mudzakar rupanya
Dengan jama’ yang shoheh contohnya sudah # Laluy asma’ul khomsah, Asma’ul khomsah
Isim tastniyah dengan alif rofa’nya # Dengan huruf ya’ saat nashob dan jernya
Jama’ seperti tasniyah, nashob - jernya # Dengan wawu, Jama’ ketika rafa’nya
Sepereti jama’, tanda Asma’ul khomsah # Saat rofa, jer namun alif nashobnya.
Dengan nun, Af’alul khomsah saat rofa’ # Dengan membuang nun saat lain rofa’
باب النكرة والمعرفة
Pengertian dari isim yang nakiroh # Isim yang menerima Al muassirohSelain nakiroh, makrifat namanya # Enam macam : Isim dhomir yang pertama
Isim dhomir ganti dari isim dhihir # Tunjuk arti ghoib, mutakalim hadir
Isim dhomir, dua : pertama muttashil # Mustatir dan bariz, ke-dua Munfashil
Isim makrifat ke-dua isim ‘alam # Contohnya جعفر مكة , dan حرم
Laluام عمر dan ابو سعيد # Juga lafadl , كهف الظلم الرشيد
Alam kuniyah اب , ام awalnya # Alam Asma’ atau Laqob selainnya
Alam Laqob tunjuk puja atau cela # Tanpa tunjukkan, alam Asma’ namanya
Ke-tiga Isim Isyaroh; Contohnya ذى # Ke-empat Isim maushul; contoh الذى
Ke-limanya Isim makrifat dengan ال # Contoh dari محل jadi المحل
Ke-enam, ya’ni isim yang dimudhofkan # Pada isim makrifat yang yang disebutkan
Contohابن زيد , ابنى dan ابن ذى #
ابن الذى قلته danابن البذى
باب الافعال
Kalimat Fi’il dapat dibagi tiga # Fi’il madi, Amar, Mudhore’ rupanyaFi’il madhi akhirnya difathah bila # Sepi dari dhomir mutaharik rafa’
Disukun bila bertemu dhomir rafa’ # Didhommah bila bertemu wawu jama’
Fi’il Amar mabni jazem ya’ni sukun # Dan membuang huruf illat ataupun Nun
Huruf awalnya Mudhore’; Mudhoro’ah # Ya’ni huruf empat yang jadi zaidah
Yaitu : hamzah, nun, ya’ dan ta’ rupanya # Terkumpul dalam kataانيت saja
Mudhore’ madhi rubai; awal dhomma # Selainnya ruba’I maka difathah.
باب اعراب الفعل المضارع
Fi’il mudore’ mabni rafa’ selama # Dengan (amil nashob, Jazem) tidak jumpaAmil nashob sepuluh ya’ni :كى , لن , ان # Kemudianاذن dan juga لام كى
Laluواو , أو , حتى , لام جحد dan فاء # Yang dijadikan jawab oleh Ulama’
Ulama’ menjadikan wawu fa’ jawab # Harus setelah نفى ataupun طلب
Jazemnya mudhore’ denganلم dan لما # Serta denganلام أمر , لا نهى juga
Demikian juga من , ما , ان danاذما #
, اين , ايان , متى , ايdan مهما
Kemudian انى , كيفما , حيثما # Seperti contoh ان يقم زيد قمناان dan seterusnya jazemkan mudore’ # dua ; ya’ni : syarat dan jawab mudhore’
Membuat jawab dengan fa’ dibolehkan # Setelah syarat, hukumnya ditentukan
باب مرفوعات الاسماء
Berjumlah tujuh isim yang dimakrifatkan # Sebagaimana yang akan dijelaskanFa’il adalah isim marfu’ pertama # Isim yang terjadi setelah fi’ilnya
Hukumnya Fi’il wajib mufrod ketika # Rupa jamak/ tasniyah fa’ilnya
Contoh اتى الزيدان والزيدون # Sepertiجاء زيد , يجىء اخونا
Ulama’ membagi fa’il jadi dua # Ya’ni Fa’il dhohir dan dhomir rupanya
Fa’il dhomir dua belas bagiannya #
, قمت , قمت , قمنا , قمتdanقمتما
قامت, قام , قمتم , قمتن dan قاما
قمن , قاموا Serta lafadl صمتم عاما
Dhomir tadi disebut dhomir muttashil; # Seperti itu juga dhomir munfasilContohلايقم الا انتم و أنا # Serta samakanlah dengan yang lainnya.
باب نائب الفاعل
Fa’il terbuang digantikan maf’ulnya # Contoh فتح زيد , majhul fiuilnyaDiganti masdar, dhorof ataupun majrur #Bila tidak ditemukan maf’ul madzkur
Fi’il madhi majhul, awalnya didhommah # Dan huruf sebelum akhirnya kasroh
Fi’il mudhore’ majhul, awalnya dhommah # Dan huruf sebelum akhirnya difathah
Namun fi’il ajwaf, Contoh lafadl باع # Majhulnya dikasroh awal jadi بيع
Naib fa’il ada dua bagiannya # Naib fa’il dhohir dan dhmir rupanya.
Contoh pertama يكرم المبشر # Contoh kedua دعيت dan yang baru
باب مبتدأ والخبر
Mubtada’ itu Isim yang dirafa’kan # Dari amil lafdy wajib disunyikanKhobar itu isim marfu’ disandarkan # Pada mubtada’nya, lafadl disamakan
Lafadlزيد عظيم الثان contohnya # Sertaزيدان قائمان serupa
Seperti lafadl زيدون قائمون # Dan juga seperti قائم اخونا
Mubtada’ dapat berupa isim dhohir # Dan juga dapat berupa isim dhomir
Mubtada’ tidak boleh dhomir muttashil # Namun boleh dengan dhomir yang munfasil
انت , انت , نحن , انا dan انتما
هما , هم , هى , هو , انتم , انتن
Danهن juga, Semua dua belas # Contohnya انا قائم dengan jelasKhobar terbagi dua : yang awal mufrod # Yang ke-dua ya’ni khobar ghoiru mufrad
Khobar ghoiru mufrod, Empat bagiannya # Pertama : dorof, Jer majrur yang kedua
Ke-tiga Fi’il Fail ( Jumlah Fi’liyah) # Akhir : mubtada’ khobar (Jumlah Ismiyah)
Contoh : الفتى فى الدار , انت عندى
ابنى قرا dan ذا أبوه قارى
كان واخواتها
كان dan saudaranya, rafa’kan isim # Nashobkan khobar : كان زيد ذاعلمJuga بات , ظل , أضحى sertaامسى # Seperti itu ليس , صار , أصبح
زال ¸انفك ¸فتئdanبرح # ke-empatnya setelah نفى jelasnya
Akhwatnya كان terakhir ya’ni دام # Setelahnya ما مصدرية ظرفية
Begitu juga dengan tashrifnya كان # Dan akhwatnya, semua amalnya sama.
Contohnyaكن صادقا danكن صالحا # Serta contohانظر لكونى مصبحا
ان واخواتها
انDan akhwatnya menashobkan isim # Rafa’kan khobar:ان زيدا ذو عين Seperti beramal # Juga lafadl
Faidah taukid bagi ان dan ان # Faidah tamanny bagiannya ليت
Faidah tasbih ya’ni lafadl كأن # Dan faidah istidrok bagi لكن
Lafadlلعل tunjuk faidah dua : # Ya’niترجى danتوقع rupanya
ظن واخواتها
Nashobkan mubtada’ khobar dengan ظن # Serta jadikanlah maf’ul keduanyaخلته dan زعمته , حسبته #
علمته , وجدته , رايته
Laluجعلته dan اتخذته # Dan semua tasrifnya pun harus tahuContohظننت زيدا منجدا juga #
اجعل لنل هذا المكان مسجدا
No comments:
Post a Comment