Mubtada Khobar ( Alfiyah )

الابْتِدَاءُ
Bab Ibtida’(permulaan Kalimah)
Mengenal Tentang Mubtada dan Khabar
· Contoh Mubtada dan Khabar
مُبْتَـدَأ زَيْدٌ وَعَـــاذِرٌ خَبَـــــرْ ¤ إِنْ قُلْتَ زَيْدٌ عَاذِرٌ مَنِ اعْتَذَرْ
Contoh Mubtada’ yaitu seperti  lafadz  زيد , dan contoh Kabar seperti  lafazh عاذر , apabila kamu mengatakan kalimat :(زيد عاذر من اعتذر.) Zaid adalah seorang pemaaf bagi orang yang meminta maaf”



وَأَوَّلٌ مُبْـــتَدَأ وَالْثَّـــــانِي ¤ فَاعِلٌ اغْنَى فِي أَسَارٍ ذَانِ


 yang pertama sebagai  Mubtada’, dan yang kedua sebagai  Fa’il yang dapat mencukupi  ( Khabar), seperti  contoh kalimat: أ سار ذان “apakah mereka berdua melakukan perjalanan ?” (أ  adalah Huruf Istifham, سار adalah Isim Sifat sebagai Mubtada’, ذان  adalah Fa’il yg menempati kedudukan Khabar)

وَقِسْ وَكَاسْتِفْهَامٍ النَّفْيُ وَقَدْ ¤ يَجُوْزُ نَحْوُ فَائِزٌ أولُو الرَّشَدْ
Dan kiasilah olehmu ! seperti Mubtada setelah Istifham itu adalah Nafi, dan terkadang boleh juga menjadikan isim sifat sebagai Mubtada seperti contoh lafadz : (فَائِزٌ أولُو الرَّشَدْ) yang artinya: Yang menang adalah yang memiliki petunjuk (contoh kalimat Mubtada dan khabar yang jarang terjadi karena di awali dengan isim shifat)


وَالْثَّانِ مُبْتَدَا وَذَا الْـوَصْفُ خَــبَرْ ¤ إِنْ فِي سِوَى الإِفْرَادِ طِبْقاً اسْتَقَرْ
 Yang kedua adalah Mubtada(Muakhar) yaitu mubtada yang diletakan di belakang khabarnya dan isim shifatnya sebagai khabar apabila terjadi selain Ifrad secara sepadan, lalu tetapkanlah !



وَرَفَعُـــوا مُبْتَدَأ بالابْــتَدِا¤ كَذَاكَ رَفْعُ خَبَرٍ باْلمُبْتَدَأ
Mereka (orang arab) me-rofa’kan Mubtada’ karena sebagai Ibtida’ (permulaan kalimat). Demikian pula mereka rofa’-kan Khobar karena sebagai  Mubtada’.

وَالْخَبَرُ الْجُزْء الْمُتِمُّ الْفَائِدَهْ ¤ كَاللَّه بَرُّ وَالأَيَـادِي شَـاهِدَهْ
Yang di maksud dengan Khabar adalah bagian yang menyempurnakan  faedah, seperti kalimat: "Allahu Barrun walayaadi syahidah “Allah itu maha pemberi kebaikan . Dan peristiwa besar menjadi saksi”.

وَمُفْــرَدَاً يَأتِي وَيَأتِـي جُــمْلَهْ ¤ حَاوِيَةً مَعْنَى الَّذِي سِيْقَتْ لَهْ
Khabar adakalanya datang berbentuk Mufrad. dan terkadang pula datang berbentuk jumlah yang mengandung makna yang berhubungan dengan isinya

وَإِنْ تَكُـنْ إيَّـاهُ مَعْنَى اكْتَـــفَى ¤ بِهَا كَنُطْقِي اللَّهُ حَسْبِي وَكَفَى
apabila jumlah  kalimat adalah  makna yang dimaksud, dianggap cukup dengan-nya. seperti kalimat :(
نُطْقِي اللَّهُ حَسْبِي) Artinya: Ucapanku, Allah itu adalah yang maha mencukupi



وَالْمُفْــرَدُ الْجَــامِدُ فَارِغٌ وَإِنْ ¤ يُشْتَقَّ فَهْوَ ذُو ضَمِيْرٍ مُسْتَكِنّ
Khabar mufrad adalah isim jamid yang kosong dari Dhamir.  jika di ia dibentuk. maka ia adalah memiliki dhamir yang terkandung dalam isi kalimat-nya

وَأَبْرِزَنْهُ مُطْلَقَـاً حَيْثُ تَلاَ ¤ مَا لَيْسَ مَعْنَاهُ لَهُ مُحَصَّلاَ
Dan tampakanlah dhamir secara nyata, apabila khabar mengikuti lafadz yang maknanya tidak berkaitan dengan-nya

وَأَخْبَرُوَا بِظَرْفٍ أوْ بِحَرْفِ جَرّ ¤ نَاوِيْنَ مَعْنَى كَائِنٍ أَوِ اسْتَقَــرْ
Terkadang mereka membuat khabar denga Zharaf atau dengan huruf jar yang dimaksudkan untuk makna kaain dan Istiqrra (kabar ghair Mufrad)

وَلاَ يَكُوْنُ اسْـمُ زَمَانٍ خَبَرَا ¤ عَنْ جُثَّةٍ وَإِنْ يُفِدْ فَأَخْبِرَا
Isim zaman tidak bisa menjadi khabar untuk manusia, akan tetapi jika memang memberikan faedah, maka jadikanlah ia sebagai khabar

وَلاَ يَجُوْزُ الابْتِدَا بِالْنَّكِرَهْ ¤ مَا لَمْ تُفِدْ كَعِنْدَ زَيْدٍ نَمِرَهْ
Tidak dibolehkam membuat mubtada dengan isi nakirah selama tidak memberikan manfaat seperti contoh (
عِنْدَ زَيْدٍ نَمِرَهْ) artinya : Disamping zaid ada baju yang bergaris

وَهَلْ فَتَىً فِيْكُمْ فَمَا خِلٌّ لَنَا ¤ وَرَجُــلٌ مِنَ الْكِـرَامِ عِنْدَنَا
dan juga seperti contoh (
فَتَىً فِيْكُمْ ) artinya :  Adakah seorang pemuda pada kalian ? (فَمَا خِلٌّ لَنَا) artinya : tidak ada teman bagi kita! (وَرَجُــلٌ مِنَ الْكِـرَامِ عِنْدَنَا) artinya : seorang laki laki dari kalangan dermawan di sisi kita

وَرَغْبَةٌ فِي الْخَيْر خَيْرٌ وَعَمَلْ ¤ بِرَ يَزِيْنُ وَلْيُقَسْ مَا لَمْ يُقَـلْ
dan seperti contoh : (
وَرَغْبَةٌ فِي الْخَيْر خَيْرٌ) Artinya :  Menyukai kebaikan adalah suatu kebajikan ( بِرَ يَزِيْنُ عَمَلْ.) Artinya : Pebuatan  amal baik adalah penghias


وَالأَصْلُ فِي الأَخْبَارِ أَنْ تُؤخَّرَا¤ وَجَـوَّزُوَا الْتَّقْــدِيْمَ إِذْ لاَ ضَــرَرَا
Asal letak Khabar seharus-nya di-akhirkan (setelah Mubtada) akan tetapi ulama membolehkan mendahuluinya  jika tidak merusak

فَامْنَعْهُ حِيْنَ يَسْتَوِى الْجُزْءآنِ ¤ عُرْفَــــاً وَنُكْـــرَاً عَــادِمَيْ بَيَـــانِ

Hindarilah olehmu ! mendahulukan khabar ketika keduanya serupa kedudukan-nya  secara ma'rifat dan Nakirah  diserai tidak adanya  hubungan kalimat  yang  menjelasakan-nya

كَذَا إذَا مَا الْفِعْلُ كَانَ الْخَبَرَا ¤ أَوْ قُــصِدَ اسْتِعَمَــالُهُ مُنْحَصِرَا
demikian juga jika berbentuk fiil atau bermaksud menggunakan-nya secara pembatasan

أَوْ كَانَ مُسْنَدَاً لِذِي لاَمِ ابْتِدَا ¤ أَوْ لاَزِم الْصَّدْرِ كَمَنْ لِي مُنْجِدَا
Atau Khabar yang ringkas kepada mubtada yang mempunyai lam Ibtida atau mubtada yang harus didahulukan seperti contoh :(مَنْ لِي مُنْجِدَ) Artinya : siapa orang yang menolongku

وَنَحْوُ عِنْدِي دِرْهَمٌ وَلِي وَطَرْ ¤ مُلتـــزَمٌ فِيـــــهِ تَقَــــدُّمُ الخَـــبَرْ
Dan juga seperti dalam contoh (
عِنْدِي دِرْهَمٌ وَلِي وَطَرْ) artinya : disisiku ada uang dirman, dan aku mempunyai hajat dipastikan khabar harus di dahulukan dari mubtada

كَذَا إِذَا عَادَ عَلَيْهِ مُضْمَرُ ¤ مِمَّــا بِهِ عَنْهُ مُبِينــاً يُخْــبَرُ
Demikian juga apabila ada dhamir yang kembali kepadanya untuk yang menerangkan beritanya

كَذَا إِذَا يَسْتَوْجِبُ التَّصْديرا ¤ كَـأَيْــنَ مَـنْ عَـلِمْــتَهُ نَصِــيرَا
Demikian juga apabila harus berada di permulaan kalimat, seperti  contoh (
أَيْــنَ مَـنْ عَـلِمْــتَهُ نَصِــيرَا) artinya : Dimana seseorang yang aku ketahui ia sebagai penolong

وَخَبَرَ الْمَحْصُورِ قَدِّمْ أبَدَا ¤ كَمَالَنَـــا إلاَّ اتِّبَـــاعُ أحْمَــدَا
Dahulukan olehmu ! terhadap Khabar yang dimahshur (terhalang oleh (مَا)  nafi) untuk selamanya, seperti dalam contoh: (مَالَنَـــا إلاَّ اتِّبَـــاعُ أحْمَــدَا) “tidaklah bagi kami kecuali mengikuti Ahmad”

وَحَذفُ مَا يُعْلَمُ جَائِزٌ كَمَا ¤ تَقُوْلُ زَيْدٌ بَعْدَ مَنْ عِنْدَكُمَا
Membuang  lafadz yang sudah ketahui adalah disarankan, seperti ucapan kamu dalam jawaban zaid setelah pertanyaan :( مَنْ عِنْدَكُمَا )“Siapakah yg bersama kalian berdua?



وَفِي جَوَابِ كَيْفَ زَيْدٌ قُلْ دَنِفْ ¤ فَــزَيْدٌ اسْتُغْــنِيَ عَـنْهُ إِذْ عُـرِفْ
juga didalam jawaban pertanyaan contoh: كَيْفَ زَيْدٌBagaimana Zaid?”, maka katakanlah olehmu! دَنِفْ  Sakit“. maka lafadz zaid dianggap cukup (tidak diperlukan lagi) , karena sudah maklumi secara umum

وَبَعْدَ لَوْلاَ غَالِبَاً حَذْفُ الْخَبَرْ ¤ حَتْمٌ وَفِي نَصِّ يَمِيْنٍ ذَا اسْتَقَرْ
Setelah lafazh LAULAA secara biasanya membuang khabar, hal tersebut  dituntut secara pasti , dan pada Nash sumpah dianjurkan juga pembuangan-nya

وَبَعْدَ وَاوٍ عَيَّنَتْ مَفْهُوْمَ مَعْ ¤ كَمِثْلِ كُلُّ صَــانِعٍ وَمَــا صَنَــعْ
Juga setelah WAWU ( disarankan pembuangan khabarnya) yaitu setelah Wawu yang berisi makna ( مَعْ ) yaitu wawu yang mempunyai arti "berserta". seperti contoh: ( كُلُّ صَــانِعٍ وَمَــا صَنَــعْ) “Setiap pekerja  selalu beserta kereasinya”.


وَقَبْلَ حَالٍ لاَ يَكُوْنُ خَبَرَا ¤ عَنِ الَّذِي خَـبَرُهُ قَدْ أُضْمِرَا
Demikian juga ( disarankan pembuangan khabarnya) yaitu sebelum haal yang tidak bisa menjadi khobar (tetepi dapat menempati kedudukan khobar) dari mubtada’ yang khobarnya  nyata disembunyikan


كَضَرْبِيَ الْعَبْدَ مُسِيْئاً وَأَتَـمّ ¤ تَبْيِيني الْحَــقَّ مَنُـوْطَاً بِالْحِـكَمْ
Seperti contoh : (ضَرْبِيَ الْعَبْدَ مُسِيْئاً ) Artinya : Pukulanku untuk budakku, bilamana ia berbuat kejelekan.  dan juga contoh (تَبْيِيني الْحَــقَّ مَنُـوْطَاً بِالْحِـكَمْ أَتَـمّ )“ Artinya : Telah sempurna  keteranganku akan masalah yang benar, apabila dihubungkan dengan hukum.

وَأَخْبَرُوا بِاثْنَيْنِ أَوْ بِأَكْثَرَا ¤ عَنْ وَاحِدٍ كَهُـمْ سَرَاةٌ شُعَـرَا
Mereka (ulama) membuat  khabar dengan dua khobar atau lebih banyak dari itu bagi satu mubtada’, seperti contoh :(
هُـمْ سَرَاةٌ شُعَـرَا) artinya :  Mereka adalah orang yang tinggi derajatnya dan juga ahli syair.

sumber: http://mandrot.blogspot.com/2011/07/bab-penjelasan-mubtada-dan-khabar.html

No comments:

Post a Comment